Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri6 Padang

Gulo, Rika Zuwita (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RIKA_ZUWITA_GULO_1200914_4000_2016.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Ketiga, mendeskripsikan dan menjelaskan hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 288 siswa yang tersebar dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa sebanyak 36 orang siswa (13% dari jumlah populasi siswa per kelas). Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif , yaitu tes membaca pemahaman dan tes unjuk kerja, yaitu tes menulis karangan argumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi cukup (71,04). Kedua,keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (75,81). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang pada derajat kebebasan n-1 (361=35) dan taraf signifikan 95%. Nilai thitung (7,37) lebih besar dari ttabel (1,70) pada derajat kebebasan 35 dan taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel, yaitu 7,37>1,70. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang, semakin baik pula keterampilannya dalam menulis karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:11
Last Modified: 08 Oct 2018 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18121

Actions (login required)

View Item View Item