Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam

Dani, Refril (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_REFRIL_DANI_1219_2015.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal. Pertama, bagaimanakah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam. Kedua, bagaimanakah keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam, dan ketiga adakah hubungan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam dengan sampel berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Sesuai dengan tujuan penelitian, ada dua data yang akan diolah, yaitu data keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam sebgai variabel (X), dan data keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam sebagai variabel (Y). Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes untuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam berada pada kualifikasi cukup (60,60). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam berada pada kualifikasi cukup (60,78). Ketiga, terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII MTsN Panampuang Kabupaten Agam pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Dengan kata lain, apabila keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi (X) siswa bagus, maka keterampilan menulis teks eksposisi (Y) siswa akan semakin bagus. Sebaliknya apabila keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi (X) siswa buruk, maka keterampilan menulis teks eksposisi (Y) siswa akan semakin buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:31
Last Modified: 05 Oct 2018 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item