Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Berita dan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Sari, Prima Yunia (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Berita dan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_PRIMA_YUNIA_SARI_1105896_4461_2015.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi tentang hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, hubungan antara keterampilan membaca pemahaman berita dengan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan rancangan (desain) korelasional. Populasi berjumlah 49 orang dan tersebar dalam dua kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 49 orang (total sampling). Data penelitian ini berupa hasil tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk tes keterampilan membaca pemahaman berita dan hasil tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis berita. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menjadikan seluruh populasi menjadi sampel (total sampling). Berdasarkan penganalisisan data, maka hasil penelitian berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi lebih dari cukup (71,50). Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi lebih dari cukup (67,80). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman berita dengan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan menbaca pemahaman berita dan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Selatan pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1 yaitu thitung yang diperoleh 1,940 dan ttabel 1,68. H0 ditolak karena tidak terdapat hubungan yang signifikan pada taraf 95% antara keterampilan membaca pemahaman berita dan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir selatan dan H1 diterima karena terdapat hubungan yang signifikan pada taraf 95% antara keterampilan membaca pemahaman berita dan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,940 > 1,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:30
Last Modified: 05 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item