Hubungan Minat Baca dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Setiawati, Nur Kurnia (2015) Hubungan Minat Baca dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NUR_KURNIA_SETIAWATI_1105868_4393_2015.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu sebagai berikut Pertama, mendeskripsikan minat baca siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang, Ketiga, menganalisis hubungan minat baca dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan rancangan (desain) korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 269 yang tersebar dalam delapan kelas. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini memiliki dua variabel yaitu, minat baca variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks cerpen variabel terikat (Y). Data penelitian diperoleh melalui angket dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk mengumpulkan data minat baca, sedangkan tes dalam bentuk unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata minat baca siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang 67,43 dan berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang 57,20 dan berada pada kualifikasi cukup Ketiga, terdapat hubungan minat baca dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa terdapat hubungan minat baca dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa VII SMP Negeri 12 Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1, yaitu ttabellebih kecil daripada thitung (1,68<6,244). H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai ttabel lebih kecil daripada thitung. Jadi disimpulkan bahwa siswa yang memperoleh nilai minat baca tinggi, juga memperoleh keterampilan menulis teks cerpen yang tinggi. Sebaliknya, jika siswa memperoleh nilai minat baca rendah, juga memperoleh nilai memperoleh nilai keterampilan menulis teks cerpen yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:27
Last Modified: 05 Oct 2018 00:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item View Item