Hubungan Pemahaman Kosakata Bidang Jurnalistik dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang

Oktawina, Melati (2015) Hubungan Pemahaman Kosakata Bidang Jurnalistik dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MELATI_OKTAWINA_1105883_5026_2015.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat pemahaman kosakata bidang jurnalistik siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara pemahaman kosakata bidang jurnalistik dengan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, yaitu 223 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik propotional random sampling, dari 20% dari populasi, yaitu 45 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah pemahaman kosakata bidang jurnalistik sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis berita sebagai variabel terikat (variabel Y). Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data, yaitu menguji tingkat pemahaman kosakata bidang jurnalistik siswa dan menugasi sampel menulis berita. Data penelitian ini berupa skor hasil tes penguasan kosakata bidang jurnalistik dan skor hasil tes keterampilan menulis berita. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji linearitas dan uji normalitas. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, pemahaman kosakata bidang jurnalistik siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup sebesar 70,94. Kedua, keterampilan menulis berita siswa secara keseluruhan sebesar 74,56 dan berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman kosakata bidang jurnalistik siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai ttabellebih kecil daripada thitung(2,021<10,4). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang hubungan pemahaman kosakata bidang jurnalistik dan keterampilan menulis berita memiliki hubungan pada taraf signifikan 95% yaitu t table > t hitung (10,4>2,021) dengan dk=n-1. Dengan kata lain, apabila pemahaman kosakata bidang jurnalistik sebagai variabel bebas (variabel X) siswa baik, keterampilan menulis berita sebagai variabel terikat (variabel Y) siswa akan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:26
Last Modified: 05 Oct 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18041

Actions (login required)

View Item View Item