Hubungan Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang

Pebrina, Lisa (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_LISA_PEBRINA_17330_1898_2015.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) keterampilan menulis teks cerpen, (2) keterampilan membaca apresiatif teks cerpen, dan (3) hubungan keterampilan membaca apresiatif teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan rancangan penelitian korelasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah sebanyak 30 orang yang tersebar dalam enam kelas. Data yang diambil dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, memberi skor tes keterampilan membaca apresiatif teks cerpen. Kedua, memberi skor tes keterampilan menulis teks cerpen. Ketiga, mengubah skor keterampilan membaca apresiatif teks cerpen dan skor keterampilan menulis teks cerpen menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase. Keempat, mengelompokkan nilai keterampilan membaca apresiatif teks cerpen siswa dan keterampilan menulis teks cerpen berdasarkan konversi skala 10. Kelima, menentukan nilai rata-rata hitung dari masing-masing tes. Keenam, mengklasifikasikan nilai siswa per indikator. Ketujuh, menyajikan data dalam bentuk diagram batang per indikator yang dinilai. Kedelapan, mengkolerasikan variabel penelitian. Kesembilan, pengujian keberartian hipotesis yang diajukan. Kesepuluh, penyimpulan hasil analisis dan pembahasan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (74,99). Kedua, keterampilan membaca apresiatif teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (73,44). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan (berarti) antara keterampilan membaca apresiatif teks cerpen dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padang pada derajat kebebasan n-1 pada taraf signifikan 95% dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,66>1,70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18011

Actions (login required)

View Item View Item