Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman

Ramadhanti, Khadijah (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_KHADIJAH_RAMADHANTI_1205148_4143_2016.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap tingkat keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini One Group Pretest and Posttest Design. Jumlah populasi 259 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 2 Pariaman dengan jumlah 31 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu (1) keterampilan menulis pantun siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan (2) keterampilan menulis pantun siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini tes unjuk kerja. Data penelitian ini skor hasil tes keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis pantun sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 75,26. Kedua, keterampilan menulis pantun sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,05. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena ttabel<thitung (1,67<1,89). Dengan kata lain, keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik dibandingkan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis pantun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:40
Last Modified: 04 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18009

Actions (login required)

View Item View Item