Wahyudi, Ilham (2015) Pengaruh Penggunaan Teknik Search Rewrite and Test (SRT) terhadap kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
1_A_ILHAM_WAHYUDI_2821_2015.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan teknik SRT. Kedua, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMPN Negeri 13 Padang sesudah menggunakan teknik SRT. Ketiga, mendeskripsikan perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca pemaahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 13 padang sebelum dengan sesudah menggunakan teknik SRT. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang berjumlah 280 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII.1 yang berjumlah 36 orang. Sumber data penelitian ini adalah teks ekposisi berupa tes objektif. Data penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan membaca pemahaman sebelum menggunakan teknik SRT dan sesudah menggunakan teknik SRT siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dengan pilihan jawaban (A, B, C, dan D). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang menggunakan teknik SRT berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 79,20. Kedua, kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan teknik SRT berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,40. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik SRT terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang nilai thitung > ttabel yaitu thitung (3, 34>1,68). Dengan kata lain, kemampuan membaca pemhaman teks ekposisi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan teknik SRT lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik SRT.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 06:40 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 06:40 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18001 |
Actions (login required)
View Item |