Penggunaan Konjungsi dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman

Yulis, Oktaviana (2015) Penggunaan Konjungsi dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DEVI_OKTAVIANA_YULIS_1100873_5018_2015.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan konjungsi koordinatif dalam teks eksposisi siwa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman, dan (2) mendeskripsikan penggunaan konjungsi subordinatif dalam teks eksposisi siwa kelas VIISMP Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini yaitu konjungsi yang terdapat dalam teks eksposisi siwa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kalimat yang mengandung konjungsi dalam teks eksposisi siwa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara meminjam tulisan siswa teks eksposisi siswa kepada guru mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah uraian rinci. Penganalisisan data dilakukan dengan mengidentfikasi gambaran umum data yang dianalisis sekaligus pengkodean data, menganalisis penggunaan konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif dalam teks eksposisi karya siswa, menganalisis kesalahan penggunaan konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif dalam teks eksposisi karya siswa, dan menginterpretasikan data berdasarkan teori dan menarik kesimpulan berdasarkanhasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi siwa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman lebih banyak menggunakan konjungsi koordinatif dibandingkan konjungsi subordinatif, hal itu dibuktikan dari 40 buah teks eksposisi siswa yang terdiri atas 308 buah kalimat, terdapat 234 penggunaan konjungsi koordunatif dan 80 buah penggunaan konjungsi subordinatif. Masih banyak siswa yang belum paham tentang fungsi penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif dalam kalimat, hal itu dibuktikan dari 234 buah penggunaan konjungsi koordinatif dalam teks eksposisi karya siswa, terdapat 32 kesalahan penggunaannya dalam kalimat, dan dari 80 buah penggunaan konjungsi subordinatif dalam teks eksposisi karya siswa terdapat 26 buah kesalahan penggunaannya dalam kalimat. Siswa masih belum paham tentang penggunaan konjungsi koordinatif pembetulan, konjungsi koordinatif pembatasan, dan konjungsi subordinatif penyungguhan dalam kalimat, hal ini dibuktikan dari 40 teks eksposisi karya siswa, tidak ada satu pun penggunaan konjungsi koordinatif pembetulan, konjungsi koordinatif pembatasan, dan konjungsi subordinatif penyungguhan dalam teks tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17970

Actions (login required)

View Item View Item