Pengaruh Metode Discovery berbantuan Media Audiovisual terhadap keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lintau Buo Utara

Kharisma, Denda (2016) Pengaruh Metode Discovery berbantuan Media Audiovisual terhadap keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lintau Buo Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DENDA_KHARISMA_1205172_3107_2016.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan deskripsi sebelum menggunakan metode discovery berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan deskripsi sesudah menggunakan metode discovery berbantuan media audiovisual. Ketiga, mengetahui pengaruh metode discovery berbantuan media audiovisua terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lintau Buo Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan pretest dan postest Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lintau Buo Utara yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/1016 dengan jumlah 65 siswa yang tersebar dalam tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII2 dengan jumlah 23 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Isntrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis karangan deskripsi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lintau Buo Utara sebelum menggunakan metode discovery berbantuan media audiovisualberada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan ratarata 64,31. Kedua, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lintau Buo Utara sesudah menggunakan metode discovery berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 80,62. Ketiga, penggunaan metode discovery berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP 5 Lintau Buo Utara. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikansi 95% dengan dk=(n1+n2)-2, disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lintau Buo Utarasesudahmenggunakan metode discovery berbantuan media audiovisuallebih baik digunakan dari pada sebelummenggunakan metode discovery berbantuan media audiovisual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:05
Last Modified: 03 Oct 2018 09:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item View Item