Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Fitrima, Delid (2015) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DELID_FITRIMA_17331_1339_2015.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap keterampilan menulis menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel. Kedua, metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Ketiga, penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap keterampilan menulis teks cerita moral/fabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014-2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu kelas VIII3. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja yaitu tes menulis teks cerita moral/fabel sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Data penelitian ini adalah skor tes akhir keterampilan menulis teks cerita moral/fabel sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Uji persyaratan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas data Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,28. Kedua, keterampilan menulis teks cerita moral/fabel sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,14. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 karena thitung > ttabel (4,33> 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif CIRC dalam keterampilan menulis teks cerita moral/fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17965

Actions (login required)

View Item View Item