Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write Berbasis Model Pembelajaran Discovery terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman

Karillah, usyukrinalias (2015) Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write Berbasis Model Pembelajaran Discovery terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ALFUSYUKRINALIAS_KARILLAH_1205144_1376_2016.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mendeskripsikan keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman sebelum menggunakan teknik think talk write berbasis model pembelajaran discovery, (2) mendeskripsikan keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman setelah menggunakan teknik think talk write berbasis model pembelajaran discovery, dan (3) menganalisis pengaruh penggunaan teknik think talk write berbasis model pembelajaran discovery terhadap keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman (teknik think talk write selanjutnya akan ditulis dengan singkatan TTW). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 261 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 yang berjumlah 32 orang. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menuliskan kembali dongeng sebelum dan setelah menggunakan teknik TTW berbasis model pembelajaran discovery. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menuliskan kembali dongeng sebelum menggunakan teknik TTW berbasis model pembelajaran discovery siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 61,47. Kedua, keterampilan menuliskan kembali dongeng setelah menggunakan teknik TTW berbasis model pembelajaran discovery siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 85,94. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf signifikansi 95% dengan dk = (n1 + n2) – 2, disimpulkan bahwa thitung > ttabel (7,63>1,70). Dengan kata lain, penggunaan teknik TTW berbasis model pembelajaran discovery berpengaruh terhadap keterampilan menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Jadi, pembelajaran menuliskan kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman lebih baik setelah menggunakan teknik TTW berbasis model pembelajaran discovery daripada sebelum menggunakan teknik TTW berbasis model pembelajaran discovery.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17953

Actions (login required)

View Item View Item