Analisis Media Pembelajaran Dalam Penyusunan Buku Teks Fisika SMA Terintegrasi Bencana Alam

Rafika, Elma and Fauzi, Ahmad and Ramli, Ramli (2015) Analisis Media Pembelajaran Dalam Penyusunan Buku Teks Fisika SMA Terintegrasi Bencana Alam. In: Peran Riset dan Publikasi Dalam Pembelajaran Fisika yang Inovatif, Kreatif dan Berkarakter Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 7 November 2015, Padang.

[img]
Preview
Text
ProcSNPF RAMLI 2.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang utama dalam proses pembelajaran. Sebagai sumber belajar utama, maka buku teks yang digunakan dalam pembelajaran haruslah buku yang berkualitas baik. Buku teks yang baik dan berkualitas memiliki beberapa kriteria, diantaranya adalah komponen kegrafikan yaitu penggunaan media yang tepat dalam penyusunan buku teks. Melalui media, peserta didik dapat memahami suatu konsep atau suatu ide yang sifatnya abstrak sehingga peserta didik dapat dengan cepat mamahami konsep tersebut. Namun, fakta di lapangan terlihat bahwa penulis-penulis buku yang beredar di sekolah kurang memperhatikan penggunaan aspek media dalam penyusunan buku teks. Penulis buku cenderung langsung menyisip media pada buku teks tanpa menganalisis apakah media tersebut dibutuhkan atau tidak dalam penyusunan buku teks. Hal ini mengakibatkan pemahaman peserta didik menjadi rendah. Solusi yamg dapat dilakukan adalah dengan melakukan analisis media apa saja yang tepat dalam penyusunan buku teks serta bagaimana kriteria media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan data hasil penelitian berupa data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar wawancara dan lembar analisis media. Berdasarkan analisis, didapatkan bahwa media yang tepat digunakan dalam penyusunan buku teks adalah media berupa gambar/foto, diagram, bagan (chart), grafik, dan peta. Masing-masing media memiliki kriteria tertentu agar dapat berfungsi maksimal bagi peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang ada pada buku teks

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:19
Last Modified: 22 Apr 2016 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item