Analisis Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Dimensi Literasi Sains Pada Pengembangan Performance Assessment Berbasis Discovery Learning

Deyesa J., Delin and Djusmaini, Djamas and Yohandri, Yohandri (2015) Analisis Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Dimensi Literasi Sains Pada Pengembangan Performance Assessment Berbasis Discovery Learning. In: Peran Riset dan Publikasi Dalam Pembelajaran Fisika yang Inovatif, Kreatif dan Berkarakter Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 7 November 2015, Padang.

[img]
Preview
Text
ProcSNPF 5.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan performance assesment berbasis discovery learning menggunakan 4-D model. Tahap- tahap dalam 4-D model terdiri dari define, desain, development dan disseminate. Salah satu langkah pada tahap define adalah analisis karakteristik peserta didik. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap kemampuan literasi sains peserta didik, dimana penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai tingkat kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Kota Solok yang terdiri dari 30 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan literasi sains peserta didik yang terdiri dari empat dimensi yaitu : (1) konten sains (pengetahuan sains), (2) proses sains (kompetensi sains), (3) konteks sains (aplikasi sains) dan (4) sikap sains. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang dilakukan berupa penskoran menggunakan skala check list ataupun rating scale. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian yaitu tingkat kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran Fisika di MAN Kota Solok masih rendah, dengan rata-rata 55,34 %. Dimana 60 % peserta didik pada konten sains (pengetahuan sains) menggunakan pengetahuan awalnya sebelum pembelajaran; 46,25% peserta didik pada proses sains (kompetensi sains) menggunakan kemampuan mengingat atau menghafal dan pemahaman ilmiah; 59 % konteks sains (aplikasi sains) menggunakan aplikasi pengetahuan fisika dalam kehidupan sehari-hari; 56,12% sikap sains yang meliputi minat, motivasi, pemahaman diri, lingkungan peserta didik. Saran yang dikemukakan berdasarkan hasil studi lapangan sangat cocok dan urgen untuk mengembangkan performance assesment berbasis model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 22 Apr 2016 04:22
Last Modified: 03 Mar 2017 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item