Pengaruh Komunikasi Interpersonal Keluarga dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Hidayanti, Ilham (2016) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Keluarga dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ILHAM_HIDAYANTI_56426_2016.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh komunikasi interpersonal keluarga terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh komunikasi interpersonal keluarga dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa, Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang pada Semester Juli-Desember 2015 yang berjumlah 134 orang, jumlah sampel 102 orang dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengumpulan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling. Data yang digunakan adalah data primer berupa angket untuk variabel komunikasi interpersonal keluarga dan kemandirian belajar. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif (inferensial), yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji multikolinearitas dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal keluarga terhadap hasil belajar siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara komunikasi interpersonal keluarga dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Dan rata-rata nilai siswa 57,05 serta TCR komunikasi interpersonal keluarga (X1) sebesar 72,84%, dan TCR variabel kemandirian belajar (X2) sebesar 67,80%. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, maka untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang penulis memberikan saran sebagai berikut : (1) sebaiknya antara keluarga dan siswa menanamkan sikap saling menghargai dan menghormati agar setiap masalah yang ada dapat diselesaikan (2) sebaiknya siswa dapat memanfaatkan setiap tempat untuk belajar karna belajar dapat dilakukan dimanapun dan (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktorfaktor lain yang mempengaruhi hasil belajar karena penelitian ini masih terbatas pada ruang lingkup yang kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:32
Last Modified: 27 Sep 2018 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17666

Actions (login required)

View Item View Item