Pelaksanaan Program Parenting di Rumah Anak Sholeh Purus Padang

Wulandari, Dela (2018) Pelaksanaan Program Parenting di Rumah Anak Sholeh Purus Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_DELA_WULANDARI_1300691_511_2018.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti pada permasalahan orangtua saat ini yang belum memahami pengasuhan yang benar dan lembaga sekolah yang belum melibatkan orangtua dalam pendidikan anak. Terutama di daerah Purus Padang yang disebabkan kesulitan ekonomi dan pengaruh negatif lingkungan sehingga berpengaruh negatif terhadap pengasuhan orangtua terhadap anak. Rumah Anak Sholeh (RAS) menawarkan sebuah pendidikan yang tepat untuk perubahan orangtua yaitu dengan menyelenggarakan program parenting atau sekolah orangtua (SOT). Bertujuan untuk menggambarkan Pelaksanaan Program Parenting di Rumah Anak Sholeh Purus Padang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Data diolah dengan teknik analisis data model Milles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan deskriptif dan analisis data disimpulkan Bentuk-bentuk program parenting Rumah Anak Sholeh yaitu: 1) ilmu parenting, 2) tahsin, dan 3) keterampilan. Materi-materi parenting yang diberikan yaitu: 1) pola asuh orangtua, 2) tahap perkembangan anak, 3) tugas ayah dan bunda, 4) perluhnya kasih sayang, 5) menghilangkan kata-kata “jangan” dan “tidak”, 6) perbaikan komunikasi, 7) kekerasan terhadap anak, 8) peran dan fungsi ibu, serta keterampilan yang pernah dibuat yaitu tas dari tali kur, sulam pita dan memasak kue. Dampak adanya parenting terhadap pengasuhan orangtua yaitu: 1) sopan memperlakukan anak, 2) menasehati anak dengan lemah lembut, dan 3) emosi ketika menghadapi anak lebih terkontrol juga berdampak terhadap ibadah orangtua seperti mulai rajin shalat, bisa membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:59
Last Modified: 26 Sep 2018 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17460

Actions (login required)

View Item View Item