ningkatan Keterampilan Membuat Benda Kontruksi Dengan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang

Yuliastuti, Yuliastuti (2018) ningkatan Keterampilan Membuat Benda Kontruksi Dengan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YULASTUTI_1108308_325_2018.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada umumnya siswa belum mampu membuat benda konstruksi. Hal ini disebabkan karena guru belum mempresentasikan dan mendemonstrasikan cara pembuatan benda konstruksi sehingga siswa tidak memiliki keterampilan dalam membuat benda konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam merancang benda dengan teknik konstruksi menggunakan model pembelajaran langsung di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari empat kali pertemuan. Adapun tahap-tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembaran observasi. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membuat benda konstruksi menggunakan model pembelajaran langsung yaitu : 1) Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I adalah 71,43% kriteria baik, siklus II meningkat menjadi 92,86% kriteria sangat baik, 2) Pelaksanaan aspek guru siklus I adalah 66,67% kriteria cukup, siklus II meningkat menjadi 91,67% kriteria sangat baik, 3) Hasil belajar siswa siklus I adalah 70,83% kriteria baik, siklus II meningkat menjadi 91,67% kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan Keterampilan siswa di Kelas IV SDN 13 Kapalo Koto Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:59
Last Modified: 26 Sep 2018 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item