Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 15 Padang Sarai

Asmeli, Rezi (2017) Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 15 Padang Sarai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_REZI_ASMELI_1300497_610_2018.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pretest yang dilakukan di SDN 15 Padang Sarai terlihat bahwa hasil belajar peserta didik kelas V masih banyak yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau belum mencapai ketuntasan. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dan kurang memperhatikan pembelajaran yang dilakukan sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Quasi Experimental Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 15 Padang Sarai, berjumlah 103 orang terdiri dari 3 kelas, teknik pengambilan sampelnya Simple Random Sampling yang masing-masing kelas berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 36 butir, dan alat pengumpul data adalah lembaran tes. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 75,14 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 65,35. Dari analisis uji-t di peroleh thitung= 3,08 > ttabel= 2,000, pada signifikan α 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar yang tidak menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Maka disimpulkan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada topik mendeskripsikan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 15 Padang Sarai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:57
Last Modified: 26 Sep 2018 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17436

Actions (login required)

View Item View Item