Peningkatan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang

Purnamasari, Juita (2018) Peningkatan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_JUITA_PURNAMASARI_58745_148_2018.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran tematik terpadu di lapangan belum sesuai dengan konsep yang diharapkan, guru hanya menyalin apa yang ada pada buku guru, kurang mengembangkan indikator dari kompetensi dasar yang terkait serta minimnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang akan digunakan sehingga pada pelaksanaannya tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa belum tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan saintifik di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang dengan jumlah siswa 30 orang dan peneliti sebagai praktisi serta guru kelas sebagai obsever. Prosedur dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses data hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan scientific. Hasil penelitian menunjukan nilai perencanaan pembelajaran siklus 1 pertemuan I 69,4% (cukup), pada siklus 1 pertemuan II 75% (baik) dan meningkat siklus II 88,9% (sangat baik). Hasil pengamatan aspek guru siklus 1 pertemuan I 58,33% (kurang), pada siklus 1 pertemuan II 75% (cukup) dan meningkat siklus II 95% (sangat baik). Hasil pengamatan aspek siswa siklus 1 pertemuan I 55% (kurang), pada siklus 1 pertemuan II 75% (cukup) dan meningkat siklus II 95% (sangat bai). Pada setiap siklus yang dilaksanakan terlihat peningkatan hasil belajar siswa.Pada tes tindakan siklus I pertemuan 1 rata-rata sebesar 2,6 (cukup). Siklus I pertemuan 2 rata-rata hasil belajar sebesar 3,0 (baik) dan siklus II rata-rata hasil belajar sebesar 3,3 (sangat baik). Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan scintific dapat meningkatkan hasil belajar siswadi sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:47
Last Modified: 25 Sep 2018 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17384

Actions (login required)

View Item View Item