Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman

Ildawati, Ildawati (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ILDAWATI_1108359_241_2018.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan model yang inovatif dan pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa banyak yang pasif dan bosan mengikuti pelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar IPS siswa rendah dan tidak memenuhi standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan model Kooperatif tipe TPS di kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian meliputi rencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V berjumlah 32 orang Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tahap-tahap model Kooperatif tipe TPS, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perencanaan siklus I 80,37% dengan kualifikasi Sangat Baik dan siklus II 96,42% dengan kualifikasi Sangat Baik, rata-rata pelaksanaan siklus I aspek guru 78,13% dengan kualifikasi Baik dan siklus II 93,75% dengan kualifikasi Sangat Baik dan rata-rata aspek siswa siklus I 70,31% dengan kualifikasi Sangat Baik dan siklus II 87,5% dengan kualifikasi Sangat Baik, dan hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 73,43 dengan kualifikasi Baik, dan siklus II meningkat menjadi 78,15 dengan kualifikasi Baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:47
Last Modified: 25 Sep 2018 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17380

Actions (login required)

View Item View Item