Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas VI A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang

Putri, Hasnatul (2018) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas VI A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HASNATUL_PUTRI_1304963_469_2018.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah dasar bahwa rendahnya keterampilan membaca intensif siswa. Pembelajaran membaca intensif di kelas VI A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang dilatar belakangi karena proses pembelajaran yang dilakukan guru belum maksimal memperhatikan siswa dalam membaca dan langsung menugasi siswa yang berakibat siswa kesulitan dalam memahami isi teks bacaan, membuat ringkasan, menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus dan menjawab pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan membaca intensif dengan model Cooperative Script di kelas VI A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang pada tahap prabaca,saatbaca dan pascabaca. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus yaitu siklus I dan siklus II Subjek penelitian adalah peneliti selaku guru dan siswa kelas VI A SD Negeri 09 Koto Luar yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan siswa dalam membaca intensif dengan menggunakan model Cooperative Script dapat dilihat pada siklus I adalah 68,9% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,5%. Pada tahap prabaca siswa mendapatkan nilai rata-rata 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Pada tahap saatbaca siswa mendapatkan nilai rata-rata 61% dan meningkat pada siklus II menjadi 91%. Dan pada tahap pascabaca siswa mendapatkan nilai rata-rata 69,65% dan meningkat pada siklus II menjadi 90,5% Dengan demikian, model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas VI SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:47
Last Modified: 25 Sep 2018 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

View Item View Item