Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Coperative learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 17 Jawa Gadut

Aulia, Frima (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Coperative learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 17 Jawa Gadut. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FRIMA_AULIA_1204926_1120_2018.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

pelaksanaan pembelajaran IPS yang dibuat dan dilakukan guru dengan yang diharapkan yaitu guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan dalam belajar kelompok guru kurang memberikan motivasi dan tanggung jawab kepada seluruh anggota kelompok untuk dapat memahami dan menyelesaikan permasalahan yang ada secara bersama. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Coperative learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV SD Negeri 17 Jawa Gadut Kota Padang. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 17 Jawa Gadut Kota Padang yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a ) perencanaan pada siklus I memperoleh rata-rata 87,5% dengan kualifikasi (sangat baik) meningkat menjadi 96,4% dengan kualifikasi (sangat baik) pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran dari aktivitas guru mempeoleh rata-rata 71,5% dengan kualifikasi (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 90,9% dengan kualifikasi (sangat baik) pada siklus II, pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata dengan persentase 71,5% dengan kualifikasi (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 90,9% dengan kualifikasi (sangat baik) pada siklus II, c ) hasil belajar mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 73,52 pada siklus I dan kemudian meningkat lagi menjadi 91,39 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan model Coperative learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SDN 17 Jawa Gadut Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item