Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 57 Air Dingin Kec. KotoTangah Kota Padang

Dwita, Feni (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 57 Air Dingin Kec. KotoTangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FENI_DWITA_56842_27_2018.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran guru belum merumuskan dan menegaskan masalah pembelajaran dan guru belum mencari fakta pendukung dalam merumuskan hipotesis pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam mengukuti proses pembelajaran. Hal tersebut dapat berpengaruh besar pada siswa, siswa kurang mampu dalam merumuskan masalah dalam pembelajaran, siswa banyak yang belum aktif, dan jenuh dalam pembelajaran bahkan disaat guru memberikan pelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model PBL di Kelas V SDN 57 Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Padang. Penelitiandilaksanakan di kelas V SDN 57 Air Dingin, dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis (PTK), Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunaan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari: (1) Pelaksanaan pembelajaran siklus I perolehan nilai 76,78% dengan kriteria B meningkat menjadi 94,42% dengan kriteria SB, (2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I perolehan nilai 79,67% dengan kriteria B meningkat menjadi 85,90% dengan kriteria SB, pelaksanaan aspek siswa siklus I perolehan nilai persentasenya adalah 73,45 dengan kriteria C meningkat menjadi 87,5 dengan kriteria SB, dan (3) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,17% dengan kriteria C, meningkat nilai pada siklus II menjadi 81,86% dengan kriteria B. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 57 Air Dingin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17362

Actions (login required)

View Item View Item