Pengembangan Computer Based Testing Menggunakan Aplikasi Articulate Quizmaker ’13 Pada Mata Kuliah Dasardasar Media Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan UNP

Kurnia, Yolla (2018) Pengembangan Computer Based Testing Menggunakan Aplikasi Articulate Quizmaker ’13 Pada Mata Kuliah Dasardasar Media Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YOLLA_KURNIA_1300183_993_2018.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media evaluasi pembelajaran berbentuk media Computer Based Testing (CBT) ini dilakukan sebagai salah satu pemecahan permasalahan pendidikan dalam evaluasi pembelajaran. Pengembangan CBT ini bertujuan membantu pendidik dalam hal pemeriksaan skor hasil ujian ataupun latihan pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk CBT yang dapat membantu pendidik dalam mengatasi permasalahan dalam evaluasi pembelajaran, khususnya pada mata kuliah Dasardasar Media Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan menurut Borg dan Gall. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi, (4) Uji Coba, (5) Produk Akhir. Uji validitas dilakukan oleh 4 orang validator yaitu 2 orang validator media, 1 orang validator materi dan 1 orang validator evaluasi. Uji coba praktikalitas dilakukan kepada 30 orang mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Dasar-dasar Media Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan UNP. Pengembangan ini telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan, yang menghasilkan media evaluasi pembelajaran dalam bentuk CBT yang sudah dikemas dalam bentuk CD. Produk sudah melalui tahap validasi media, materi dan evaluasi. Hasil validasi media dari dua validator sudah dikategorikan “sangat valid” dengan skor 4,47. Sedangkan hasil akhir validasi materi dari validator materi sudah dikategorikan “sangat valid” dengan skor 4,66. Sedangkan validasi evaluasi dari validator evaluasi sudah dikategorikan “sangat valid” dengan skor 4,63. Pada hasil uji praktikalitas produk media CBT berada pada rata-rata 4,24 dengan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya uji efektivitas diperoleh t hitung = 43,50 sedangkan nilai t tabel dengan df = 30 pada taraf signifikan α 0,05 = 2,045. Maka dapat diketahui nilai t hitung lebih besar dari t tabel (43,50 > 2,045). Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk CBT yang dihasilkan valid, praktis dan efektif digunakan pada mata kuliah Dasar-dasar Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2018 01:31
Last Modified: 20 Sep 2018 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17161

Actions (login required)

View Item View Item