The Relationship between Motivation in Learning Speaking and Speaking Ability of English Department Students of Universitas Negeri Padang in Academic Year 2017

Putra, Tio Eka (2018) The Relationship between Motivation in Learning Speaking and Speaking Ability of English Department Students of Universitas Negeri Padang in Academic Year 2017. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_TIO_EKA_PUTRA_1305347_649_2018.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi yang mengukur tingkat motivasi mahasiswa dalam belajar mata kuliah speaking dan kemampuan mereka dalam berbicara (speaking) dalam bahasa Inggris. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni tahun akademik 2017 di Universitas Negeri Padang dan subjek dipilih dengan menggunakan metode cluster sampling. Kemudian, masalah yang menjadi landasan dalam penelitian ini ialah bagaimana hubungan antara motivasi siswa dalam belajar speaking dan kemampuan berbicara mereka sendiri. Lalu, dalam penelitian ini motivasi siswa diperlakukan sebagai variabel (X) ssedangkan kemampuan berbicara diperlakukan sebagai vcariabel (Y). Lalu, instrumen yang digunakan ialah angket dan test. Angket digunakan untuk mengukur tingkat motivasi siswa dan test untuk mengukur kemampuan berbicara siswa. Angket yang digunakan diadaptasi dari angket The Attitude/Motivation Test Battery (AMTB) oleh Gardner. Dalam menganalis angket digunakan teknik likert scale dan untuk tes speaking dianalisis menggunakan rubrik penilaian berbicara dari Brown. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara motivasi siswa dalam berbahasa Inggris dan kemampuan berbicara siswa. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi (rxy) dengan nilai 0,002. Namun, hubungannya tidak terlalu signifikan karena ketika dibandingkan dengan rtable dengan (α) 5% didapati nilai 0,3494. Hal itu berarti rtable > rxy. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X dan Y tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2018 01:29
Last Modified: 20 Sep 2018 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item