Pengaruh Penerapan Mastery Learning Berbantuan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas VII MTsN Durian Tarung Padang

Deandhika Ch, Risky (2018) Pengaruh Penerapan Mastery Learning Berbantuan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas VII MTsN Durian Tarung Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RISKY_DEANDHIKA_CH_1300249_1125_2018.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada MTsN Durian Tarung ditemui masalah bahwa sebagian besar siswa kelas VII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masih belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan. Hal ini disebabkan karena proses belajar mengajar masih terpusat pada guru (Teacher centred) serta penggunaan metode dan media yang kurang sesuai dalam kegiatan pembelajaran. Untuk Mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian tentang pengaruh hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Mastery Learning berbantuan modul dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Mastery Learning Berbantuan Modul terhadap hasil belajar IPS di Kelas VII MTsN Durian Tarung Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN Durian Tarung Padang yang terdiri 6 kelas yaitu kelas VII.1 sampai Kelas VII.6 dengan jumlah siswa 189 orang. dan sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, kelas VII.2 sebagai eksperimen dan siswa kelas VII.3 sebagai kelas kontrol, masing- masingnya berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data berupa lembaran jawaban. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t- tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan Mastery Learning berbantuan Modul 83,16 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 78. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 2,715 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α 0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,715 > 2,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan Mastery Learning berbantuan Modul dibandingkan siswa yang menerapkan Strategi konvensional pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTsN Durian Tarung Padang. Sehingga penggunaan pendekatan Mastery Learning Berbantuan Modul dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTsN Durian Tarung Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2018 01:29
Last Modified: 20 Sep 2018 01:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item View Item