PengembanganMultimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII Di SMP N 4 Padang

Amory, Nadia V. (2018) PengembanganMultimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII Di SMP N 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NADIA_VANI_AMORY_300225_690_2018.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang menggunakan metode konvensional yang kurang praktis, efesien, dan kurangmenarik bagi peserta didik, sehingga kurangnya daya tangkap dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran yang mengkaji tentang objek dan gejala alam yaitu Biologi. Penggunaan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran mampu menampilkan dan menyajikan materi pembelajaran yang lebih konkrit dan mudah dipahami peserta didik dibanding dengan belajar abstrak dengan teknik belajar verbal saja. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan kepraktisan multimedia interaktif. Prosedur penelitian pengembangan ini merujuk pada model Borg & Gall yang bersifat prosedural dan disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian, penelitian ini dilaksanakan di SMP N 4 Padang selama 2 kali pertemuan dengan subjek penelitian dua ahli materi yakni guru Biologi SMP N 4 Padang, 2 orang ahli media yakni dosen jurusan KTP FIP UNP, serta 30 orang siswa kelas VIII.4 SMP N 4 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk media pembelajaran ini berada pada kategori valid dengan jumlah skor 4,73 dari validator media 1 dan 4,64 dari validator media 2. Untuk aspek materi termasuk pada kategori valid dengan jumlah skor 4,5 dari validator materi 1 dan 4,3 dari validator materi 2. Hasil analisis berdasarkan uji coba produk media pembelajaran berada pada kategori praktis dengan jumlah rata-rata 4,41. Dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Biologi kelas VIII di SMP N 4 Padang khususnya materi sistem pencernaan pada manusia praktis digunakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 02:26
Last Modified: 19 Sep 2018 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17112

Actions (login required)

View Item View Item