Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditor, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Solok Selatan

Afrizal, Geni (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditor, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_GENI_AFRIZAL_1300220_1185_2018.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan guru belum mengajak siswa terlibat sepenuhnya dalam proses pembelajaran. Kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran di kelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru (teacher-centered). Selain itu, kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkandengan materi yang diajarkan sangat berpengaruh pada minat belajar dan pemahaman siswa sehingga akan berdampak pada hasil belajaryang dicapainya, untuk itu guru perlu menerapkan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditor, Visual, Intellectual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy eksperiment. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 4 Solok Selatan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 173 orang,dengan mengambil dua kelas sampel yang homogen yaitu kelas VII.E dan kelas VII.F. Teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, dengan jumlah siswa pada masingmasing kelas yaitu 25 orang, dimana nilai rata-rata kedua kelasnya sama dan diajar oleh guru yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu rata-rata eksperimen sebesar 81,28 sedangkan nilai rata-rata kelompok yang menggunakan strategi konvensional sebesar 73,2. Berdasarkan perhitungan t-tes diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,019 > 1,677, dengan taraf a 0,05 pada df 48. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model SAVI memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:15
Last Modified: 19 Sep 2018 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17103

Actions (login required)

View Item View Item