Pengembangan Computer Based Testing Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan

PRATIWI, DIAN RISYA (2018) Pengembangan Computer Based Testing Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Prodi Teknologi Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DIAN_RISYA_PRATIWI_1304766_1322_2018.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat maka perlu adanya perubahan dalam proses belajar mengajar khususnya dalam proses evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaan evaluasi pada mata kuliah Strategi pembelajaran ditemukan masalah diantaranya, pelaksanaan evaluasi masih konvensional, pemeriksaan evaluasi membutuhkan waktu yang lama sehingga hasil dari evaluasi tidak langsung dapat diketahui oleh mahasiswa. Oleh karena itu, agar efektif pendidik dapat melakukan evaluasi menggunakan alat bantu untuk penilaian seperti CBT. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata kuliah Strategi Pembelajaran serta mengetahui kualitas, kevalidan dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan sehingga layak untuk digunakan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) menggunakan model Brog and Gall Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk, (3) Validasi Produk, (4) Tahap uji coba dan (5) Produk akhir. Uji validitas dilakukan oleh 4 orang validator yaitu 2 orang validator media, 1 orang validator materi dan 1 orang validator evaluasi. Ujicoba praktikalitas dilakukan kepada 30 orang mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Strategi Pembelajaran di Program studi Teknologi Pendidikan UNP. Berdasarkan hasil penilaian dari validator, untuk aspek materi berada pada skor 3,92 dengan kategori “Valid”, untuk aspek media diperoleh skor 4,43 dengan kategori “sangat valid” dan untuk aspek evaluasi diperoleh skor 4,47 dengan kategori “sangat valid”. Pada hasil uji praktikalitas produk media CBT berada pada rata-rata 4,25 dengan kategori “ Sangat praktis”. Selanjutnya uji efektivitas diperoleh t hitung= 37,65 sedangkan nilai t tabel dengan df = 30 pada taraf signifikan α 0,05 = 2,045. Maka dapat diketahui nilai t hitung lebih besar dari t tabel (37,65> 2,045). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media CBT menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator layak digunakan sebagai salah satu alternatif dalam melakukan evaluasi hasil belajar pada mata kuliah Strategi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:15
Last Modified: 19 Sep 2018 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item View Item