Pengembangan Media Computer Based Learning (CBL) pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang.

Pitrianti, Diah Ayu (2018) Pengembangan Media Computer Based Learning (CBL) pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DIAH_AYU_PITRIANTI_1304768_1313_2018.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan yang dialami oleh pendidik dalam menyampaikan materi mata kuliah kepada mahasiswa. Melalui penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran dapat membantu guru untuk meningkatkan antusias mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pada mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan serta mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari produk multimedia interaktif yang dikembangkan sehingga valid, praktis, dan efektif digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develope (Pengembangan), (4) Disseminate (Penyebaran). Uji validitas dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji praktikalitas dilakukan kepada 30 orang mahasiswa dari kelas Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari satu ahli materi bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dapat dikategorikan “valid” dengan nilai mendominasi 4 dan 5. Sedangkan hasil penilaian dari dua ahli media dapat dikategorikan “valid”dengan nilai yang mendominasi 4 dan 5. Pada hasil uji praktikalitas produk multimedia interaktif berada di kategori “Baik”. Selanjutnya uji efektivitas diperoleh thitung = 4,67 sedangkan ttabel dengan df = 30 pada taraf signifikan α 0,05 = 2,045. Dapat diketahui nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,67>2,045). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan praktis dan dapat digunakan untuk mahasiswa Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:15
Last Modified: 19 Sep 2018 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17098

Actions (login required)

View Item View Item