Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Sparkol Vidoescribe Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP

Denada, Della (2018) Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Sparkol Vidoescribe Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DELLA_DENADA_1300195_1300195_691_2018.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh pembelajaran dengan buku teks dan penggunaan infocus membuat pembelajaran monoton sehingga siswa kurang aktif dalam belajar. Media audio visual pembelajaran dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media audio visual pembelajaran sebagai media yang sesuai dengan kreteria kelayakan media dan materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Padang Panjang. Prosedur penelitian pengembangan ini merujuk pada model Borg & Gall yang bersifat prosedural dan disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengukur hasil belajar setelah menggunakan media Sparkol Videoscribe, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Padang Panjang selama 4 kali pertemuan dengan subjek penelitian dua orang ahli materi yakni guru Bahasa Indonesia SMP N 3 Padang Panjang, dua orang ahli media yakni dosen jurusan KTP FIP UNP. Pengembangan ini menghasilkan media audio visual yang dikemas ke dalam bentuk CD yang bisa digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan media yang telah di kembangkan, maka di dapatkan hasil analisis menunjukkan bahwa produk media pembelajaran ini berada pada kategori sangat valid dengan jumlah rata-rata skor sebesar 4,7. Untuk aspek materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan jumlah rata-rata skor sebesar 4,54, serta 25 orang siswa kelas VII.A SMP N 3 Padang Panjang sebagai uji praktikalitas dengan memperoleh rata-rata nilai sebesar 4,55. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, dan format penilaian. Dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio visual menggunakan Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMP N 3 Padang Panjang khususnya materi mengapresiasikan dan mengkreasikan cerita fabel layak digunakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:15
Last Modified: 19 Sep 2018 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17096

Actions (login required)

View Item View Item