Meningkatkan Perbendaharaan Kata Melalui Media Kata Bergambar Bagi Anak Tunarungu (Single Subject Reseach Kelas III/B SLB Restu Ibu Bukittinggi)

Alfitri, Riski (2018) Meningkatkan Perbendaharaan Kata Melalui Media Kata Bergambar Bagi Anak Tunarungu (Single Subject Reseach Kelas III/B SLB Restu Ibu Bukittinggi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RISKI_ALFITRI_1300088_508_2018.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang penulis temukan di SLB restu Ibu Bukittinggi, seorang siswa tunarungu yang memiliki keterbatasan dalam perbendaharaan kata. Hal ini dibuktikan dengan sedikit dan minimnya perbendaharaan kata anak tunarungu tersebut dalam mengucapkan kata benda yang ada dikelas. Penulisan ini bertujuan untuk menyatakan bahwa, dengan menggunakan media kata bergambar,dapat meningkatkan perbendaharaan kata anak tunarungu dalam mengucapkan kata benda yang ada dikelas. Penulisan ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dan teknik analisis visual grafik. Subjek penulisan adalah seorang anak tunarungu kelas III/B, variabelya dianalisa menggunakan persentase. Hasil analisis perbendaharaan kata dalam mengucapkan kata benda yang ada di kelas menggunakan media kata bergambar pada anak tunarungu yakni kondisi baseline (A1) sebanyak lima kali pertemuan, hanya mampu dicapai sebanyak 20%. Kondisi intervensi (B) sebanyak sembilan kali pengamatan dengan persentase tertinggi mencapai 70% dan kondisi baseline (A2) mencapai 80%. Hasil penulisan ini ditunjukkan pada analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi yang menunjukkan kecenderungan stabilitas, estimasi kecenderungan arah yang meningkat dan overlape yang memiliki persentase rendah, artinya terdapat perubahan tingkat perbendaharaan kata dalam mengucapkan kata benda yang ada di kelas pada anak tunarungu. Dari hasil perolehan data, dapat disimpulkan bahwa media kata bergambar ini efektif digunakan untuk meningkatkan perbendaharaan kata dalam mengucapkan kata benda yang ada dikelas pada anak tunarungu. Disarankan bagi guru dan penulis selanjutnya agar dapat menggunakan media kata bergambar untuk meningkatkan perbandaharaan kata anak tunarungu dalam mengucapkan kata benda yang ada diskitar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:14
Last Modified: 19 Sep 2018 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17073

Actions (login required)

View Item View Item