Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Melalui Learning Contracts Method bagi Anak Berkesulitan Belajar (Single Subject Research di Kelas V SD N 02 Cupak Tangah)

Rizka, Miftahur (2018) Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Melalui Learning Contracts Method bagi Anak Berkesulitan Belajar (Single Subject Research di Kelas V SD N 02 Cupak Tangah). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MIFTAHUR_RIZKA_1300108_1280_2018.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak berkesulitan belajar X yang belum dapat menulis kalimat berpola SPOK yang peneliti temukan di SD N 02 Cupak Tangah. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak berkesulitan belajar X dalam menulis kalimat berpola SPOK melalui learning contracts method. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A1-B-A2. Dimana kondisi A1 (baseline) adalah kondisi awal anak dalam menulis kalimat berpola SPOK sebelum perlakuan dan tindakan. Kondisi B (intervensi) dimana kondisi kemampuan anak diberikan perlakuan melalui learning contracts method. Sedangkan kondisi A2 (baseline) adalah kondisi kemampuan anak setelah intervensi tidak lagi diberikan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, kemampuan anak berkesulitan belajar X dalam menulis kalimat berpola SPOK meningkat. Terlihat pada kondisi A1 (baseline) yang dilakukan dalam lima kali pengamatan diperoleh data frekuensi kalimat yang dituliskan dengan benar masih rendah, pada kondisi B (intervensi) yang dilakukan sembilan kali pengamatan diperoleh data frekuensi kalimat yang dituliskan dengan benar meningkat dari pada kemampuan awal, dan pada kondisi A2 (baseline) yang dilakukan lima kali pengamatan diperoleh data frekuensi kalimat berpola SPOK yang ditulis dengan benar meningkat dari pada kemampuan awal. Berdasarkan data tersebut, menunjukan bahwa kemampuan kemampuan menulis kalimat berpola SPOK anak berkesulitan belajar X dapat meningkat melalui learning contracts method.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:13
Last Modified: 19 Sep 2018 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17052

Actions (login required)

View Item View Item