Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Hartidini, Suci (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SUCI_HARTIDINI_1200906_1274_2018.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, menganalisis pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah tes unjuk kerja. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual dan keterampilan menulis karangan argumentasi sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga. Pertama, keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata hitung 69,27. Kedua, keterampilan menulis karangan argumentasi sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 78,30. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung > ttabel (3,33 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sesudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual lebih baik dibandingkan dengan sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16957

Actions (login required)

View Item View Item