Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang

Sari Sy, Fika Marta (2018) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FIKA_MARTA_SARI_SY_14016061_1454_2018.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media objek langsung. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Muhammmadiyah 1 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 348 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi menggunakan model discovery learning. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang berada pada kualifikasi Lebi dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 66,62. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 78,83. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2) − 2 karena thitung>ttabel, yaitu 9,07>1,70. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Padang. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi di tingkat SLTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16935

Actions (login required)

View Item View Item