Pengembangan Bahan Bakar Bioethenol dari Tumbuhan Tebu Tibarau dengan Penambahan Zat Kapur Kulit Kerang untuk Meningkatkan Energi Panas: Tahun 2 dari 2 Tahun Anggaran

Hasanuddin, Hasanuddin and Nurdin, Hendri and Waskito, Waskito and Syahrul, Syahrul (2016) Pengembangan Bahan Bakar Bioethenol dari Tumbuhan Tebu Tibarau dengan Penambahan Zat Kapur Kulit Kerang untuk Meningkatkan Energi Panas: Tahun 2 dari 2 Tahun Anggaran. Project Report. FT UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
Hasanuddin_Lap. Akhir_PUPT_2016.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Walau akhir-akhir ini harga bahan bakar minyak bumi terus mengalami penurunan di pasar luar negeri, namun untuk situasi dan kondisi dalam negeri harganya masih relatif mahal, dan dibarengi lagi dengan kebijakan pemerintah dalam penetapan harga tidak sepenuhnya mengikuti kecenderungan perubahan harga pasar internasional. Oleh karena itu, ke depannya upaya untuk terus melakukan program substitusi & adopsi penggunaan bahan bakar alternatif akan terus dilakukan, terlebih lagi mengingat cadangan minyak bumi Indonesia yang semakin menipis serta kecepatan konsumsi yang terus meningkat, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu ketahanan energi nasional. Tujuan penelitian ini adalah mendapat suatu jenis bahan bakar alternatif berupa bioethanol, yang diolah dari tumbuhan tebu tibarau (wild sugarcane/saccharum spontaneum linn). Dengan mempedomani teknik fermentasi dari bahan dasar (substrate) menurut persyaratan bioteknologi dan metode peralatan distilasi sederhana hasil rancang bangun, pada penelitian diperoleh konsentrasi kadar bioethanol kategori rendah di bawah 70% dan kategori tinggi sekitar 90%, yang dapat direkomendasikan sebagai bahan bakar langsung atau sebagai cikal bakal untuk pengembangan bahan bakar kendaraan (gasohol).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:46
Last Modified: 14 Sep 2018 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16852

Actions (login required)

View Item View Item