Blogfolios dalam Blended Learning sebagai Sarana dalam Pengembangan Kemampuan Pemrosesan Informasi Mahasiswa di Era Digital pada Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP

Rahmi, Ulfia (2017) Blogfolios dalam Blended Learning sebagai Sarana dalam Pengembangan Kemampuan Pemrosesan Informasi Mahasiswa di Era Digital pada Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP. Other. Fakultas Ilmu Pendidikan, Padang.

[img]
Preview
Text
laporan akhir ulfia rahmi penelitian produk terapan upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki dampak penggunaan blogfolio dalam lingkungan blended learning sebagai laporan bacaan mahasiswa setiap pertemuan terhadap kemampuan mereka memproses informasi. Memfamilarkan penggunaan blog untuk meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan pemrosesan informasi mahasiswa dalam lingkungan virtual. Mahasiswa harus familiar dengan mencari/ mengumpulkan/ mengolah/ menyampaikan informasi berbasis virtual di era digital saat ini, termasuk mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Inovasi. Hal ini dilakukan dalam rangka menginovasikan pembelajaran. Peneliti menerapkan sistem virtual ini terhadap format atau jenis tugas mahasiswa. Tugasnya sama dengan tugas mata kuliah lainnya, namun dengan sistem pengiriman atau pelaporan yang berbeda. Mahasiswa tetap melaporkan hasil bacaannya untuk setiap minggu pertemuan sesuai dengan pokok bahasan yang tertera pada silabus, namun mereka melaporkannya melalui blog pribadi masing-masing. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang terdaftar pada mata kuliah Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif program studi TP FIP UNP Januari-Juni 2017. Intstrumen yang digunakan adalah 1) rubrik penilaian untuk melihat kemampuan mengumpulkan/ mengolah/ menyampaikan informasi berbasis virtual, 2) angket persepsi mahasiswa terhadap penggunaan blog sebagai e-portfolio dan 3) panduan wawancara mengenai keuntungan, tantangan dan hambatan penggunaan blog dalam blended learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan blogfolio dapat membantu pengembangan kemampuan pemrosesan informasi mahasiswa.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:07
Last Modified: 24 Oct 2019 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

View Item View Item