Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 3D pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung kelas XI SMK N 1 Hiliran Gumanti.

Rafiq, Zul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 3D pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung kelas XI SMK N 1 Hiliran Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ZUL_RAFIQ_16061024_1596_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemui pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung (KUG) yaitu media pembelajaran yang tersedia masih kurang bervariasi dan adanya kesulitan siswa dalam memahami materi struktur rangka atap. Penelitian ini bertujuan unttuk menghasilkan produk media pembelajaran video animasi 3D yang valid dan praktis dalam mata pelajaran KUG. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan model 4D terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk validator materi, validator media, dan siswa. Berdasarkan penilaian produk media pembelajaran video animasi 3D pada mata pelajaran KUG oleh validator materi 1 rata-rata skor adalah 88 %dan masuk ke dalam kelas sangat baik, penilaian validator materi 2 diperoleh rata-rata skor 96% dan masuk kategori sangat baik. Validator media diperoleh rata-rata skor 82% dan masuk kategori sangat baik. Pada praktikalitas respon siswa dengan nilai 86% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO ANIMASI, KONSTRUKSI GEDUNG
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:25
Last Modified: 26 Sep 2022 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15858

Actions (login required)

View Item View Item