Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning di Kelas IV SD Negeri 02 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Hidayanti, Hidayanti (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning di Kelas IV SD Negeri 02 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HIDAYANTI_57142_667_2016.pdf] Text
B1_6_HIDAYANTI_57142_667_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 02 Luhak Nan Duo guru kelas IV dalam mengajarkan pembelajaran IPA masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga membosankan bagi siswa. Untuk itu peneliti bermaksud untuk memperbaiki proses pembelajaran IPAdengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan CTL di kelas IV SD Negeri 02 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan, karena peneliti perlu mengolah data dalam bentuk angka. Pendekatan kualitatif digunakan karena pendekatan ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan CTL di kelas IV SD Negeri 02 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi.Subjekpenelitian terdiridarisiswakelas IV SD Negeri 02 Luhak Nan Duo yang berjumlah 24 orang terdiri dari 12 perempuaan dan 12 laki-laki. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan Ipada perencanaanmencapai 75%, aktifitas guru 71,43%, aktifitas siswa 42,86% dan hasil belajar siswa hanya mencapai 58,75 dengan persentase ketuntasan 29,17%. Hasil penelitian siklus I pertemuan II perencanaan 92,86%, aktifitas guru 82,14%, aktifitas siswa 71,43% hasil belajar siswa yaitu 66,67 dengan persentase ketuntasan 58,33%. Pada siklus II hasil penelitian sudah meningkat, perencanaan sudah mencapai 96,43%, aktifitas guru 96,43%, aktifitas siswa 89,29% dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,08 dengan persentase ketuntasan 87,5%. Kesimpulan yang didapatkan Dengan menggunakan pendekatan CTL hasil belajar siswa dapat meningkatkan khususnya dalam pembelajaranIPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 11 Jul 2025 07:25
Last Modified: 11 Jul 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15316

Actions (login required)

View Item
View Item