Jumarer, Heru (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HERU_JUMARER_00065_5081_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HERU_JUMARER_00065_5081_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HERU_JUMARER_00065_5081_2012.pdf
Download (368kB)
Abstract
Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, IPS Penelitian ini dimulai dari kenyataan di SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi bahwa siswa kesulitan memahami konsep IPS, terbukti nilai IPS siswa kurang memuaskan. Penyebabnya adalah proses pembelajaran IPS bersifat konvensional, dimana guru mendominasi pembelajaran dan menganggap IPS cenderung bersifat hafalan. Diantara berbagai pendekatan pembelajaran yang ada salah satunya yaitu pendekatan STM. Dengan pendekatan ini siswa dapat merasakan pembelajaran yang lebih bermakna dan menyentuh realita kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan STM. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis PTK. Sedangkan prosedur penelitian ialah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penilaian RPP siklus I pertemuan 1 78,6, pengamatan kegiatan guru 75, kegiatan siswa 71,7, sedangkan hasil pembelajaran aspek kognitif diperoleh rata- rata 65,6, afektif 66,7, psikomotor 65,7. Siklus I pertemuan 2 penilaian RPP 85,7, kegiatan guru 80, kegiatan siswa 75, sedangkan aspek kognitif diperoleh rata-rata kognitif 74,3, afektif 74,1, psikomotor 75,5. Penilaian RPP siklus II 92,8, kegiatan guru 90, kegiatan siswa 80. Dari aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata 85,3, afektif 85,1, psikomotor 82,6. Jadi, pembelajaran dengan penggunaan pendekatan STM dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 02:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15301 |