Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Sederhana melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) di Kelas III SD Negeri 04 Situjuah Banda dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Hermanelis, Hermanelis (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Sederhana melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) di Kelas III SD Negeri 04 Situjuah Banda dalam Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HERMANELIS_58274_1941_2016.pdf] Text
B1_6_HERMANELIS_58274_1941_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi yang dilakukan terhadap siswa kelas III SD Negeri 04 Situjuah Banda Dalam ditemukan bahwa pecahan sederhana siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru tidak membawa siswa aktif dan belajar bekerja sama sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan dan tidak tertarik terhadap materi pembelajaran. Penggunaan pendekatan cooperative learning tipe STAD merupakan salah satu cara untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika dengan pendekatan cooperative learning tipe STAD ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pecahan sederhana siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan dan meliputi tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes pada siswa kelas III SDN 04 Situjuah Banda Dalam, dengan jumlah siswa 10 orang meliputi 6 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian pada semeter II selama 3 minggu yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I pertemuan 1 tanggal 4 Mei 2015, pertemuan 2 pada 7 Mei 2015. Siklus II pertemuan 1 tanggal 18 Mei 2015 dan pertemuan 2 pada tanggal 21 Mei 2015 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari tiap siklus. Peningkatan dapat terlihat rencana pelaksanaan pembelajaran dari 77 % pada siklus I meningkat menjadi 88% pada siklus 2. Pada pelaksanaan aspek guru 71 % pada siklus I meningkat menjadi 89% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor memperoleh skor rata-rata 74%, 78% dan 71%. Meningkat pada siklus II menjadi 87%, 90% dan 92%. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas III SD Negeri 04 Situjuah Banda Dalam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR PECAHAN SEDERHANA, PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:29
Last Modified: 10 Jul 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

View Item
View Item