Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Konstrukstivis di Kelas II SD Negeri 52 Payakumbuh

Fitriandini, Herlina (2016) Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Konstrukstivis di Kelas II SD Negeri 52 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HERLINA_FITRIANDINI_93589_1818_2016.pdf] Text
B1_6_HERLINA_FITRIANDINI_93589_1818_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian dan pengamatan pada pembelajaran tematik di kelas II SD Negeri 52 Payakumbuh, ternyata hasil belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru lebih banyak menguasai proses pembelajaran, penyampaian pembelajaran dilakukan perbidang studi dan guru dalam mengajar masih bersifat informatif atau hanya mentransfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan konstruktivis di kelas II SD Negeri 52 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alur penelitian meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dilaksanakan 2 siklus, dengan empat pertemuan. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan dan lembar tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas II SDN 52 Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada perencanaan yaitu (a) RPP Siklus I diperoleh nilai 75% (B) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 96% (SB), (B) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I dengan diperoleh nilai 72% (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 90% (SB). Pada aspek siswa siklus I diperoleh nilai 66% (C), dan meningkat pada siklus II menjadi 87% (SB). Hasil belajar siswa pada siklus I pembelajaran IPS diperoleh nilai 69 (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 87(SB), pembelajaran bahasa Indonesia diperoleh nilai 72 % (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 86 (SB), pembelajaran SBK diperoleh nilai 73(C) dan pada siklus II meningkat menjadi 86(SB) . Dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontrukstivis dapat meningkatkan pembelajaran tematik di kelas II SD Negeri 52 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK, PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:20
Last Modified: 10 Jul 2025 03:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item
View Item