Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa terhadap Belajar Fisika pada Materi Hukum Newton tentang Gerak Kelas X SMAN 1 Kecamatan Suliki

Rizkita, Nur Ifani (2021) Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa terhadap Belajar Fisika pada Materi Hukum Newton tentang Gerak Kelas X SMAN 1 Kecamatan Suliki. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NUR_IFANI_RIZKITA_17033064_14_2022.pdf] Text
B1_5_NUR_IFANI_RIZKITA_17033064_14_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang sangaterat kaitannya dengan kehidupan sehari- hari manusia. Pemahaman terhadap suatukonsep fisika sangat dibutuhkan dalam proses pemecahan masalah fisika.Pemahaman konsep yang rendah akan menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi.Selain itu, sikap siswa terhadap belajar fisika juga merupakan hal yangmempengaruhi keberhasilan siswa dalam memahami konsep fisika. Sikap positifsiswa telah terbukti menghasilkan prestasi yang baik serta mampu membawapengaruh yang baik bagi siswa untuk mempelajari dan memahami konsep yangdiajarkan dan begitu juga sebaliknya.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini sebentukpenelitian survey untuk mengetahui kondisi yang ada di lapangan secara riil. Datadalam penelitian ini berupa data primer yang peneliti peroleh dari hasil tes diagnostikpemahaman konsep siswa pada materi hukum Newton tentang gerak siswa danangket sikap siswa terhadap belajar fisika. Subjek penelitian (sampel) adalah 2 kelasX IPA SMAN 1 Kecamatan Suliki. Instrumen kemampuan pemahaman konsepberjenis empat tingkat (four-tier) terdiri atas 14 soal pilihan ganda. Instrument angketsikap ini diadopsi dari tes CLASS (Colorado Learning Attitude of Science Survey)dan kemudian dimodifikasi.Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konsep fisika siswa pada materihukum Newton tentang gerak kelas X di SMAN 1 Kecamatan Suliki tahun ajaran2020/2021 masih berada pada kategori rendah dan tingkat miskonsepsi siswamenunjukkan persentase yang cukup tinggi. Sikap siswa terhadap belajar fisika diSMAN 1 Kecamatan Suliki pada indikator implikasi sosial dalam fisika, ketertarikanmemperbanyak waktu belajar, adopsi sikap ilmiah, dan kesenangan dalam belajarfisika menunjukkan bahwa sikap siswa pada keempat indikator mendominasikategori baik dan cukup. Pemahaman konsep dan sikap siswa memiliki hubungankorelasi sedang. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep juga dipengaruhioleh sikap siswa. Namun sikap siswa bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhitingkat pemahaman konsep fisika pada siswa. Ada banyak hal yangmempengaruhinya seperti metode dan model pembelajaran yang diterapkan di kelas,serta kondisi kelas dan pandemic COVID-19 sedang merebak membuat siswa harusbelajar secara daring (online).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KONSEP, SIKAP SISWA, BELAJAR FISIKA, GERAK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:09
Last Modified: 09 Jul 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item
View Item