Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Seni Rupa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas X SMAN 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok.

Gustia, Nuci (2014) Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Seni Rupa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas X SMAN 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NUCI_GUSTIA_15770_3144_2014.pdf] Text
B1_5_NUCI_GUSTIA_15770_3144_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dimulai dari observasi dalam kelas seni budaya sub bidang studiseni rupa di SMAN 1 Junjung Sirih, dari hasil pengamatanterlihat cara gurumemberikan materi kurang menggunakan metode yang bervariasi sehinggainteraksi menjadi kurang menyenangkan. Berdasarkan observasi tersebut dapatdisimpulkan bahwa guru:1) belum sepenuhnya menciptakan lingkungan kelasyang memberikan pesan tentang belajar kepada siswa, 2) belum sepenuhnyamencapai tujuan dari semua usaha yang dilakukan guru untuk mengubahkelompok belajar di dalam kelas, 3) belum sepenuhnya memberikan pengalamankepada siswa sebelum belajar, 4) Setelah siswa menjawab pertanyaan, guru belumsepenuhnya memberikan penguatan dari jawaban siswa, 5)belum merayakankemajuan yang dicapai oleh siswa. Model pembelajaran Quantum teaching dapatdijadikan sebagai salah satu cara untuk membuat interaksi dalam kelas terasamenyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitianeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1Junjung Sirih berjumlah 6 kelas. Sampel diambil dengan teknik random sampling.Kelas sampel yang terpilih ada dua kelas, yaitukelas X IPAସdan X IPAଷ denganjumlah siswamasing-masing 26 orang, selanjutnya ke dua kelas diundi. Hasilpengundianmenunjukkankelas X IPAସsebagai kelas eksperimen dankelasX IPAଷ sebagai kelas kontrol. Hasil belajar yang dilihat pada penelitian iniadalah pada ranah kognitif. Teknik analisis data untuk Uji hipotesis digunakanUji-t dimana sampel terdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen.Hasil analis menunjukkan ݐ௜௛௧௨௡௚ ൌ 3,12 pada taraf kepercayaan α = 0,05Dan ݐ௧௔௕௘௟= 1,675 (ݐ௜௛௧௨௡௚ ൐ ݐ௧௔௕௘௟ሻ ini berarti H଴ diltolak dan HI diterima,dengan bunyi: 1) Hasil belajar apresiasi karya seni rupa siswa yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi daripada hasilbelajar apresiasi karya seni rupa siswa yang diajar dengan metode konvensional,2) Hasil belajar apresiasi karya seni rupa siswa yang berpengetahuan awal tinggidiajar dengan menggunakan model Quantum Teaching lebih tinggi daripada hasilbelajar apresiasi karya seni rupa siswa yang diajar dengan metode konvensional,3) Hasil belajar apresiasi karya seni rupa siswa yang berpengetahuan awal rendahyang diajar dengan menggunakan model Quantum Teaching lebih tinggi daripadahasil belajar apresiasi karya seni rupasiswa yang berpengetahuan awal rendahyang diajar dengan metode konvensional.Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajarapresiasi karya seni rupa siswa mata pelajaran seni budaya yang diajar denganmodel Quantum Teaching lebih tinggi dari pada hasil belajar apresiasi karya senirupa siswa mata pelajaran seni budaya yang diajar dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, QUANTUM TEACHING, HASIL BELAJAR SENI RUPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:23
Last Modified: 09 Jul 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15250

Actions (login required)

View Item
View Item