Pelanggaran Disiplin oleh Siswa dan Upaya Guru BK dalam Mengatasinya.

Fatlima, Nova (2013) Pelanggaran Disiplin oleh Siswa dan Upaya Guru BK dalam Mengatasinya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NOVA_FATLIMA_04234_3112_2013.pdf] Text
B1_5_NOVA_FATLIMA_04234_3112_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pelanggaran peraturan olehsiswa, seperti: datang terlambat ke sekolah, memakai seragam yang tidak sesuaidengan peraturan sekolah, rambut panjang (bagi siswa laki-laki) dan rambut yangterurai keluar dari ujung jilbab (siswa perempuan), keluar masuk pada prosespembelajaran berlangsung, bolos sekolah walaupun sudah disosialisasikan tentangdisiplin sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelanggarandisiplin oleh siswa dan upaya guru BK dalam mengatasinya.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan secarasistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat populasi secaramendetail. Data penelitian ini adalah data primer. Populasi penelitian adalah siswaSMA N 1 Lembah Gumanti dengan jumlah 513 orang siswa yang terdaftar padatahun ajaran 2012/2013. teknik pengambilan sampel adalah dengan teknikproporsional random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51 orang.Pengumpulan data menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis denganteknik persentase.Temuan penelitian mengungkap bahwa hampir sebagian siswa melakukanpelanggaran disiplin sekolah dan upaya mengatasi pelanggaran disiplin yangdilakukan oleh guru BK tergolong ke dalam kategori cukup baik dalam mengatasipelanggaran disiplin oleh siswa yang berarti bahwa upaya mengatasi pelanggarandisiplin belum maksimal dalam membantu mengatasi pekanggaran disiplin olehsiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa melakukanpelanggaran terhadap disiplin sekolah 3,92 % berada pada kategori tinggi, 41,17berada pada kategori sedang, 49,01% berada pada kategori rendah dan 5,88%berada pada kategori sangat rendah. Guru BK berupaya mengatasi pelanggarandisiplin yang dilakukan siswa yang secara keseluruhan 21,56 berada pada kategoribaik, 62,74 berda pada kategori cukup baik, 13,72 berada pada kategori kurangbaik dan 1,96% berada pada kategori tidak baik. Berdasarkan pada temuanpenelitian ini diharapkan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas,guru mata pelajaran, guru pembimbing, guru piket dan guru pembina osis untukdapat mengatasi pelanggaran disiplin oleh siswa dan melakukan pengembangandiri yang berhubungan dengan peraturan sekolah dan proses belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELANGGARAN DISIPLIN, GURU BIMBINGAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:41
Last Modified: 08 Jul 2025 00:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15200

Actions (login required)

View Item
View Item