Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Tes Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI MAN Salido

Elsovia, Neneng (2012) Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Tes Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI MAN Salido. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_NENENG ELSOVIA_00668_2012_4536.pdf] Text
B1_5_NENENG ELSOVIA_00668_2012_4536.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil tesmata pelajaran dalampembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas XIMAN SalidoSijunjung dengan memanfaatkan microblogging Tumblr sebagai sumber belajar.Hasil tes siswa dalam pembelajaran TIK masih banyak di bawah KKM dengannilai 70 yang ditetapkan oleh sekolah dan penelitian ini berawal dari kenyataan disekolah bahwa kurang maksimalnya sumber belajar bagi siswa.Jenis penelitianyang dilakukan adalah Experiment Research dengan populasi siswa kelas XIMANSalido yangyang terdaftar pada tahun 2011/2012 sebanyak 4 kelas.Rancangan penelitian ini adalah achievement test. Teknik penentuansampel adalah teknik Random Sampling sehingga yang menjadi sampel adalahkelas XI IPS1 sebagai kelas control dan kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa seperangkat hasil tes berupa soal objektifsebanyak 25 butir soal yang dilakukan di akhir penelitian. Kompetensi Dasaruntuk kedua kelas adalah membuat dokumen pengolahan angka sederhana. Datadalam penelitian ini berasal dari hasil tes siswa di kelas eksperimen dan kelaskontrol. Data tersebut diolah dengan menggunakan rumus t-test.Dari hasil uji hipotesis dengan t-test diperoleh hasil dengan rata-rata kelasyang menggunakan Media Video Tutorial (kelas eksperimen) 82,4 lebih tinggidibandingkan kelas yang tidak menggunakan media Video Tutorial (kelas control)64,67. Hal ini berarti hipotesis penelitian (H1) diterima yaitu adanya perbedaanantara kondisi dengan kondisi lainnya yang menunjukkan terdapat perbedaansignifikan antara hasil tes TIK siswa yang menggunakan Media Video Tutorial(kelas eksperimen dibandingkan dengan hasiltes siswa belajar kelompok kontrolyang tidak menggunakan Media Video Tutorial. Dapat disimpulkan pemanfaatanMedia Video Tutorial memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil tes siswadalam mata pelajaran TIK di MAN Salido.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, MEDIA VIDEO TUTORIA, TEKNIK INFORMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Jul 2025 05:19
Last Modified: 03 Jul 2025 05:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15080

Actions (login required)

View Item
View Item