Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Waterboom Sawahlunto.

Monica, Elsa (2021) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Waterboom Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ELSA_MONICA_17135018_3181_2021 (FPP).pdf] Text
B1_4_ELSA_MONICA_17135018_3181_2021 (FPP).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada temuan masalah yang ditemui oleh peneliti seperti adanya ketidakpuasan pengunjung dengan fasilitas yang ada seperti seluncuran, tempat parkir, toilet dan ruang bilas, perawatan terhadap fasilitas masih belum maksimal, pelayanan petugas yang kurang ramah dan fasilitas di daya tarik wisata tidak upgrade karena tidak adanya pengembangan dan pembaruan sehingga menimbulkan kebosanan bagi pengunjung. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pengunjung di Daya Tarik Wisata Waterboom Sawahlunto.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasinya adalah pengunjung yang berkunjung ke Daya Tarik Wisata Waterboom Sawahlunto tahun 2020. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 97 orang dengan teknik penentuan purposive sampling. Data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisioner yang tersusun menggunakan skala likert yang terdiri dari 29 butir pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai R Square sebesar 0,358 artinya pengaruh variabel kualitas produk terhadap variabel kepuasan pengunjung sebesar 35,8% serta 64,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Selanjutnya diperoleh nilai F hitung sebesar 52,966 dengan sig. 0.000 < 0.05, maka disimpukan bahwa variabel kualitas produk (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pengunjung (Y). Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Diperoleh nilai t hitung sebesar 7.278 dengan sig. 0.000 < 0.05 untuk variabel kualitas produk. koefisien regresi sebesar 0.393 dengan nilai sig. 0.000 < 0.05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan kualitas produk akan meningkatkan 0.393 kepuasan pengunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PENGUNJUNG, DAYA TARIK WISATA WATERBOOM SAWAHLUNTO
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:41
Last Modified: 03 Jul 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15014

Actions (login required)

View Item
View Item