Bahar, Raysa (2012) Komunikasi Interpersonal Siswa dan Implikasinya dalam Pelayanan Konseling (Studi Deskriptif Komparatif Siswa SMP Negeri 2 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RASYA_BAHAR_83222_3405_2012.pdf [thumbnail of B1_5_RASYA_BAHAR_83222_3405_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RASYA_BAHAR_83222_3405_2012.pdf
Download (514kB)
Abstract
Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara dua orang secara tatap muka yang
memungkinkan seseorang menangkap reaksi orang lain secara langsung. Pada hakekatnya
komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara komunikator dengan komunikan, yang
mana komunikasi jenis ini dianggap paling efektif dalam upaya mengubah sikap, pendapat
atau perilaku seseorang karena sifatnya yang dialogis berupa percakapan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan komunikasi interpersonal
siswa kelas VII dan kelas VIII dari segi keterbukaan, empati, dukungan, kepositifan, serta
kesetaraan dan menguji perbedaan komunikasi interpersonal antara siswa kelas VII dengan
siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif yang mendeskripsikan
komunikasi interpersonal siswa serta melihat perbedaan komunikasi interpersonal antara
siswa kelas VII dengan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung Kabupaten Padang
Pariaman. Populasi penelitian ini berjumlah 207 orang siswa SMP Negeri 2 Enam Lingkung
Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012, dengan sampel
berjumlah 67 orang yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang
digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan teknik statistik persentase, untuk melihat
perbedaan komunikasi interpersonal antara siswa kelas VII dengan siswa kelas VIII
digunakan statistik parametrik yaitu uji t melalui program Statistical Product and Service
Solution for Windows Release 15.00.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa lebih dari sebagian siswa kels VII dan kelas
VIII memiliki kemampuan komuniksi interpersonal tergolong baik pada aspek keterbukaan,
empati, dukungan, kepositifan, dan kesetaraan, sedangkan pada siswa kelas VIII khusus pada
aspek empati sebagian besar siswa memiliki kemampuan komunikasi interpersonal tergolong
lebih baik. Perbedaan komunikasi interpersonal siswa terungkap bahwa pada taraf signifikansi
95% tidak terdapat perbedaan yang siginifikan antara komunikasi interpersonal siswa kelas
VII dengan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bimbingan dan konseling agar
lebih meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal melalui pelatihan pemberian
contoh atau model sehingga komunikasi interpersonal siswa kurang baik bisa menjadi lebih
baik. Baik dalam komunikasi di luar konseling ataupun dalam konseling, serta memberikan
pelayanan yang tepat untuk peningkatan keterampilan yang dimaksudka
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA, PELAYANAN KONSELING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:09 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14558 |