Azimar, Rahmi (2012) Persepsi Siswa tentang Pembinaan Disiplin oleh Guru BK (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP N 29 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RAHMI AZIMAR_01308_5135_2012.pdf [thumbnail of B1_5_RAHMI AZIMAR_01308_5135_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RAHMI AZIMAR_01308_5135_2012.pdf
Download (400kB)
Abstract
Sikap disiplin sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Siswa yang mampu untuk bersikap disiplin akan dapat mentaati semua peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Apabila siswa telah bisa mentaati semua peraturan yang ada maka akan terciptalah kondisi pembelajaran yang baik dan siswa akan mampu untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di SMP N 29 Padang, masih banyak siswa yang belum bisa disiplin dalam mentaati peraturan sekolah, seperti datang terlambat ke sekolah, dalam belajar siswa sering ribut ketika guru menerangkan pelajaran, siswa yang bolos sekolah, tidak memakai seragam sekolah yang lengkap, dan tidak minta izin keluar lingkungan sekolah sewaktu jam pelajaran. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian mengenai persepsi siswa tentang pembinaan disiplin oleh guru BK di SMP N 29 Padang, dengan tujuan mendapatkan gambaran mengenai persepsi siswa tentang pembinaan disiplin oleh guru BK. Penelitian ini berbentuk deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang pembinaan disiplin oleh guru BK. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP N 29 Padang yang berjumlah 594 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 93 orang. Alat pengumpul data adalah angket yang mengungkapkan persepsi siswa tentang pembinaan disiplin oleh guru BK, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi siswa tentang pembinaan disiplin oleh guru BK mengenai: 1) materi pembinaan disiplin oleh guru BK cukup baik, 2) metode pembinaan disiplin oleh guru BK cukup baik, 3) media yang digunakan oleh guru BK cukup baik, 4) waktu pembinaan disiplin oleh guru BK juga cukup baik. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru BK sebaiknya dapat melakukan simulasi dan memberikan permainan di setiap pemberian layanan serta menambah jam untuk pemberian layanan di luar jam BK seperti disaat ada jam pelajaran kosong atau setelah pulang sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBINAAN DISIPLIN SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:25 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14368 |