Tri Yohanda, Dedek (2019) Analisis Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Materi Kondisi Wilayah dan Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia di SMA N 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DEDEK_TRI_YOHANDA_15045064_5416_2019.pdf [thumbnail of B1_01_DEDEK_TRI_YOHANDA_15045064_5416_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_01_DEDEK_TRI_YOHANDA_15045064_5416_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar siswa, kendala 
yang dihadapi guru maupun upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan 
aktivitas belajar siswa pada pembelajaran geografi materi kondisi wilayah dan 
posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia. 
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan 
Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah Purposive 
Sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 dan 
kelas XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai. Metode pengumpulan data menggunakan 
Teknik observasi, Wawancara, Dokumentasi, Data dianalisis menggunakan Ms. 
Excel 2010. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada kelas 
XI IPS 3 dan XI IPS 4 SMAN 1 Batang Anai materi kondisi wilayah dan posisi 
strategis indonesia sebagai poros maritim dunia masih dikategorikan MOTS 
(Middle Order Thinking Skill) karena persentase skor kegiatan Aktivitas Belajar 
Dasar (ABD) lebih tinggi dibandingkan dengan persentase skor kegiatan Aktivitas 
Belajar Lanjut (ABL), serta masih banyak terdapat peserta didik yang 
melaksanakan kegiatan Aktivitas Belajar Dasar (ABD) maupun Aktivitas Belajar 
Lanjut (ABL) namun tidak melaksanakan kegiatan secara keseluruhan dengan 
antusias dan konsisten. Kendala guru dalam mengembangkan aktivitas belajar 
adalah sulit memahami kemampuan dan latar belakang peserta didik yang 
berbeda, kurangnya keterampilan guru dalam memilih model dan metode berbasis 
HOTS, kurangnya faktor penunjang pembelajaran, faktor internal peserta didik. 
Solusi guru dalam mengembangkan aktivitas belajar siswa adalah dengan benar
benar memahami dan mengenali karakteristik peserta didik, diadakannya 
pelatihan terhadap guru dalam pengembangan keterampilan tingkat tinggi peserta 
didik (HOTS), mengetahui serta memahami karakter peserta didik, mengenali 
minat bakat, kemampuan intelektual, selalu mengetahui perkembangan fisik, 
psikis ataupun kesehatan serta kebutuhan diri pribadi peserta didik sehingga dapat 
mengikuti proses pembelajaran dengan efektif dan efisien  
dilakukan di 
lingkungan keluarga maupun pendidik,
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar Dasar (ABD), Aktivitas Belajar Lanjut (ABL), Pembelajaran Geografi, HOTS | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 | 
| Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd | 
| Date Deposited: | 11 Feb 2025 08:28 | 
| Last Modified: | 11 Feb 2025 08:28 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1400 | 
 
         